Home » Article » Memahami Badan Usaha Yang Cocok Untuk Bisnis Food Truck

Memahami Badan Usaha Yang Cocok Untuk Bisnis Food Truck

Memahami Badan Usaha Yang Cocok Untuk Bisnis Food Truck

Food Truck adalah sebuah jenis usaha penyedia atau bisnis penjualan makanan dan minuman di dalam sebuah kendaraan besar. Mengikuti tren kota-kota besar di dunia, peluang bisnis food truck di Jakarta kelihatannya cukup menjanjikan. Buktinya, di beberapa sudut tempat keramaian di Jakarta, sudah bermunculan food truck yang menjual berbagai makanan dan minuman. Mereka menggunakan kendaraan besar yang dipakai bukan hanya untuk etalase, tapi juga tempat memasak dan bertransaksi.

Pada dasarnya food truck termasuk dalam kategori usaha penjualan makanan dan minuman. Menarik untuk memahami badan usaha yang cocok untuk food truck. Apakah sama dengan restoran atau ada ketentuan badan usaha tertentu yang disyaratkan undang-undang?

Berdasarkan Pasal 4 Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata no. 87 tahun 2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Makanan dan Minuman (“Permen 87”), disebutkan yang termasuk kedalam usaha jasa makanan dan minuman, antara lain meliputi jenis usaha:

  1. Restoran;
  2. Rumah Makan;
  3. Bar/rumah minum;
  4. Kafe;
  5. Pusat penjualan makanan;
  6. Jasa boga; dan
  7. Jenis usaha lain bidang usaha jasa makanan dan minuman yang ditetapkan oleh Bupati, Walikota dan/atau Gubernur.

Meskipun Pasal 4 peraturan menteri diatas tidak menyebutkan secara spesifik, menurut hemat kami usaha food truck dapat masuk dalam jenis usaha jasa dan makanan lainnya.

Untuk jenis usaha yang disebutkan diatas perlu dilakukan pendaftaran usaha pariwisata, yang nantinya diterbitkan Tanda Daftar Usaha Pariwisata  (TDUP). Namun Pasal 5 Permen 87 menyebutkan untuk pengusaha perorangan yang tergolong usaha mikro atau kecil dibebaskan dari kewajiban untuk melakukan pendaftaran usaha pariwisata. Sehingga pengusaha perorangan dapat mendaftarkan usahanya atas keinginan sendiri. Definisi usaha mikro atau kecil selengkapnya dapat dilihat di Undang-Undang No.20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Tempat pengajuan TDUP untuk wilayah DKI Jakarta ditujukan kepada Gubernur sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 133 Tahun 2012 tentang Pendaftaran Usaha Pariwisata. Sedangkan untuk diluar wilayah DKI Jakarta ditujukan kepada Bupati atau Walikota tempat usaha pariwisata tersebut berlokasi.

Adapun tahapan pengajuan TDUP adalah pengusaha membuat Surat Permohonan Pendaftaran Usaha Pariwisata, dengan melampirkan persyaratan dokumen, antara lain:

  1. Fotokopi akta pendirian badan usaha yang melampirkan usaha jasa makanan dan minuman sebagai maksud dan tujuannya untuk pengusaha yang berbentuk Badan Usaha atau fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk pengusaha perorangan;
  2. Fotokopi izin teknis dan dokumen lingkungan hidup sesusai dengan ketentuan perundang-undangan; dan
  3. Keterangan tertulis dari pengusaha tentang perkiraaan kapasitas jasa makanan dan minuman yang dinyatakan dalam jumlah kursi untuk restoran, rumah makan, bar/rumah minum, kafe dan pusat makanan.

Semua pengajuan dokumen tersebut disampaikan dengan melampirkan dokumen aslinya atau fotokopi yang telah dilegalisir, ditambah dengan surat pernyataan dari pengusaha bahwa semua dokumen tersebut adalah benar dan sesuai fakta.

Perlu kami sampaikan bahwa Permen 87 tidak mensyaratkan suatu bentuk badan usaha yang spesifik untuk usaha jasa makanan dan minuman. Artinya, pengusaha makanan dan minuman dapat berbentuk usaha perorangan atau bentuk usaha yang berbadan hukum atau tidak berbadan hukum sesuai perundang-undangan.

Karena jenis usaha ini dapat dijalankan dalam bentuk perorangan atau badan usaha yang berbadan hukum atau tidak berbadan hukum, sehingga pemilihan mengenai badan usaha yang tepat bergantung pada kebutuhan pengusaha terhadap bisnis usaha ini. Mengenai pemilihan yang tepat antara PT atau CV bergantung pada tujuan bisnis dari usaha food truck ini kedepannya. Sebagai informasi dari kami, badan usaha CV sudah cukup untuk menjalankan jenis usaha ini. Namun kalau berniat mengembangkan bisnis food truck ini dengan mengundang investor, menjual skema franchise, atau meminjam uang dari bank, mungkin badan hukum Perseroan Terbatas (PT) bisa membuat bisnis terlihat lebih bonafide.

“Jika Anda membutuhkan jasa pendirian badan usaha, izin atau pendaftaran merek, silahkan menghubungi kami di  info@easybiz.id atau 081298755257”