Home » Article » Investasi » Investasi Saham vs Pinjaman Modal Usaha

Investasi Saham vs Pinjaman Modal Usaha

Investasi Saham vs Pinjaman Modal Usaha

Tidak sedikit kita temui orang yang ingin menanamkan uang sebagai modal usaha mitra bisnisnya. Jika ingin inject dana, pastikan dulu suntikan dana tersebut di kemudian hari akan menjadi saham dalam PT atau pinjaman saja. Atau ada juga yang mengkonversi pinjaman tersebut ke dalam bentuk saham, modal ventura misalnya.

Namun yang terpenting, tidak selalu bentuk kerjasama permodalan yang dituangkan dalam perjanjian itu aman. Banyak kasus, pinjaman untuk modal usaha dianggap sebagai investasi, kalau rugi uang tidak kembali.

Hal ini dikarenakan, objek perjanjian sering dibuat tidak jelas, dan pihak yang menyerahkan uang terbuai dengan janji serta asumsi semata. Isi kontrak abu-abu.

Teliti kembali terhadap dokumen yang akan ditandatangani. Jangan terburu-buru karena bujuk rayu. Seringkali, ketika diminta tandatangan, sibuk diajak ngobrol tentang bisnis, keuntungan dan lainnya.

Jangan ragu untuk mengkonsultasikan dengan ahli hukum tentang investasi yang akan dilakukan. Daripada berkonsultasi tentang masalah di kemudian hari.

Lalu hal apa saja yang harus diperhatikan dalam perjanjian kerjasama dengan mitra atau partner kita?

Setidaknya yang harus jelas diatur adalah mengenai (i) Hak & kewajiban masing-masing pihak, (ii) besaran pembagian keuntungan, (iii) cara pembagian, dan (iv) waktu pembagiannya.

Lebih baik anda ribet di awal, daripada ribet di kemudian hari meratapi kerugian, merasa ditipu dan lain-lain. Salam SMART Investasi.

Bimo Prasetio

@Bprasetio

Founder www.legal4ukm.com

Ingin berkonsultasi mengenai hukum bisnis dan investasi, silahkan menghubungi info@legal4ukm.com atau hubungi: 081298755257.
Follow @Legal4ukm untuk info hukum bisnis dan investasi.