Home » Article » INI DIA TIPS MERUBAH CV JADI PT

INI DIA TIPS MERUBAH CV JADI PT

INI DIA TIPS MERUBAH CV JADI PT

Banyak pengusaha yang awalnya memilih CV sebagai badan usaha nya karena biaya lebih murah, proses lebih cepat dan persyaratannya lebih sederhana. Lalu ketika berkembang, barulah terbesit niat untuk merubah badan usaha nya menjadi PT karena kebutuhannya. Antara lain, agar dapat mengikuti tender, menggaet investor dan lainnya.

Sebenarnya tujuan CV jadi PT karena ingin tetap menggunakan portofolio binis yang sudah dijalankan dengan CV. Agar PT yang baru tersebut tetap dapat diakui pengalamannya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.    Audit dan pemisahan aset

CV merupakan badan usaha yang tidak berbadan hukum. Artinya, tidak ada pemisahan kekayaan antara si CV dengan para perseronya (pendiri). Pada dasarnya CV adalah suatu persekutuan yang didirikan berdasarkan Perjanjian.

Agar kemudian dapat diketahui kekayaan CV tersebut, maka perlu dilakukan audit dan pemisahan asset, mana yang akan tetap menjadi asset si persero, dan mana yang akan dijadikan modal untuk pendirian PT yang baru nantinya.Audit dapat dilakukan oleh akuntan publik.

2.    Memuat Pengumuman di surat kabar

Prinsipnya pengumuman ini untuk memenuhi asas publisitas, sehingga persero CV dianggap sudah memberitahukan kepada khalayak tentang rencana CV jadi PT. Utamanya, pihak-pihak yang bertransaksi dengan CV ataupun pihak lainnya.

3.    Mendirikan PT baru

Selanjutnya para persero CV dapat mendirikan PT baru dengan modal dari asset CV tersebut. Setelah itu seluruh proses pendirian PT berjalan dan telah mendapatkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM tentang pengesahan status badan hukum dari PT tersebut, maka PT tersebut secara resmi sudah berdiri dan menjadi badan hukum yang mandiri.

Kemudian, mengingat CV dan PT yang baru nanti merupakan 2 (dua) badan yang berbeda (keduanya pun memiliki NPWP yang berbeda), maka perlu dibuatkan perjanjian pengalihan hak dan kewajiban dari CV kepada PT. Sesudah peralihan tersebut dilakukan, maka kembali kepada anda apakah CV tersebut akan dilikuidasi atau di non aktifkan. Syaratnya, anda harus menyelesaikan semua tunggakan pajak dari CV tersebut.

Walau demikian, banyak pemilik CV yang menganggap proses tersebut rumit dan panjang. Oleh karena itu, kadang keputusan yang diambiladalah mendirikan PT baru dengan menggunakan nama yang sama dengan nama CV tersebut. Lalu, portofolio CV digunakan sebagai portofolio PT yang baru.

Namun, langkah di atas hanya dapat dilakukan apabila nama PT yang dikehendaki belum dimiliki oleh pihak lain. Jika tidak bisa, maka harus memilih nama PT lain yang masih tersedia.

Jika anda ingin merubah CV menjadi PT, silahkan hubungi kami melalui email info@easybiz.id atau HP: 081298755257