Home » Article » Penanaman Modal Asing » Dapatkah Mendirikan Perusahaan PMA dengan Modal 50 Juta?

Dapatkah Mendirikan Perusahaan PMA dengan Modal 50 Juta?

Dapatkah Mendirikan Perusahaan PMA dengan Modal 50 Juta?

Pertanyaan :

Saya ingin bertanya tentang pendirian usaha kecil berbadan hukum (dengan izin legal). Saya adalah seorang mahasiswa berumur 23 tahun, di saat saya kesana kemari berjualan via kaskus untuk membiayai kuliah saya, kebetulan seorang teman WNA, menawarkan untuk bekerja sama mendirikan sebuah perusahaan kecil di Indonesia. Usaha yang akan kami gelutin adalah e-commerce, seperti penjualan baju, topi, aksesoris pakaian, dll (via internet). Apakah memungkin nama kita berdua berstatus legal dalam perizinan badan usaha? Teman saya ingin namanya dicantumkan di dalam perusahaan, dan dia ingin perusahaan ini bersatus hukum legal. Modal yang ingin dia tanamkan kira kira Rp. 50 juta. Saya mohon sekali bantuan dan solusi anda. Terimakasih banyak.

Jawaban:

Pada umumnya ada dua hal penting yang mesti diperhatikan apabila Saudara hendak menjalankan sebuah usaha, diantaranya adalah :

    1. Apa bentuk badan usaha yang akan dipilih
    2. Legalitas usaha yang dijalankan

Akan tetapi, Saudara harus mengetahui apabila usaha yang dijalankan dengan bekerja sama, dimana terdapat partisipasi asing, maka wajib hukumnya badan usaha yang Saudara jalankan yang berkaitan penanaman modal asing, harus berbentuk PT. Hal ini sebagaimana diatur di dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 pada pasal 5 ayat (2) yang berbunyi “penanaman modal asing wajib dalam bentuk perseroan terbatas berdasarkan hukum Indonesia dan berkedudukan di wilayah Indonesia, kecuali ditentukan lain dalam undang-undang”.

Bentuk penanaman modal dalam perseroan terbatas dilakukan dengan :
a. Mengambil bagian saham pada saat pendirian perseoran terbatas
b. Membeli saham
c. Melakukan cara lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, pemerintah membatasi minimal nilai penanaman modal asing untuk berinvestasi di Indonesia. Batas minimum itu tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 5 Tahun 2013 Tentang Pedoman dan Tata Cara Perizinan dan Non perizinan Penanaman Modal (“Perka BKPM”). Pada Pasal 22 ayat (3) Perka BKPM tertulis, total nilai investasi lebih dari Rp 10 Miliar atau nilai setaranya dalam satuan US Dollar, diluar tanah dan bangunan.

Terkait dengan pencantuman rekan bisnis Saudara dalam perusahaan dapat saja dilakukan dengan menjadikan beliau sebagai Direktur ataupun Komisaris dalam PT sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Namun, tidak sebagai pemegang saham perusahaan.

Semoga jawaban kami bermanfaat.

Terima Kasih.

Bimo Prasetio, S.H dan Chris Januardi, S.H

Anda membutuhkan jasa pendirian Perseroan Terbatas Penanaman modal asing  (PT.PMA) dan perizinan untuk tenaga kerja asing, silahkan menghubungi info@legal4ukm.com atau hubungi: 081298755257

Follow @Legal4ukm untuk info hukum bisnis dan investasi.