Home » Article » Badan Usaha » Bagaimana Memilih Badan Usaha Yang Tepat Untuk Bisnis

Bagaimana Memilih Badan Usaha Yang Tepat Untuk Bisnis

Bagaimana Memilih Badan Usaha Yang Tepat Untuk Bisnis

Status badan usaha adalah salah satu faktor penting untuk membantu bisnis berkembang lebih besar dan lancar. Dengan berbadan usaha, mitra bisnis Anda merasa nyaman karena transaksi bisnis dan hubungan hukum yang dilakukan bukan dengan perorangan. Status badan hukum juga akan memudahkan bila Anda berencana berekspansi, misalnya bila ada kebutuhan untuk mengembangkan franchise, mengikuti tender, melakukan merger akuisisi, mendapatkan pinjaman bank, dan bermitra dengan partner asing.

Lalu bagaimana memilih bentuk badan usaha yang sesuai dengan bisnis?

Meski banyak yang mengidentikkan badan usaha dengan Perseroan Terbatas (PT), kenyataannya Anda bisa memilih bentuk lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan dulu kebutuhan bisnis, bidang usaha yang akan dijalani, dan pembagian tanggung jawab yang diinginkan oleh pemilik bisnis. Secara umum ada dua jenis badan usaha yang popular di kalangan pebisnis, yaitu persekutuan komanditer (CV) dan PT. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Perbedaan mendasar antara keduanya, antara lain mengenai besaran modal dasar tanggung jawab, lingkup usaha, proses pendirian, biaya jasa pengurusan, dan sebagainya.

Secara prinsip, PT adalah badan hukum, sedangkan CV bukan badan hukum. Bedanya, dalam badan hukum terdapat pemisahan harta dan tanggung jawab antara pendiri dengan PT tersebut. Jika terjadi kerugian atau pailit dalam PT, pemegang saham hanya bertanggung jawab sebatas modal yang sudah disetorkannya, namun tidak menyentuh ke harta pribadinya. Sedangkan untuk CV, tidak ada pemisahan harta dan tanggung jawab. Artinya, jika terjadi kerugian terhadap CV akan menjadi tanggung jawab pribadi sekutu aktif CV tersebut, umumnya direktur CV tersebut.

Pertimbangan lain, CV biasanya digunakan oleh usaha yang kelasnya kecil hingga menengah karena belum bersinggungan dengan banyak pihak (karyawan, vendor, supplier, dan lainnya). Saat bisnis sudah mulai besar, pebisnis pada umumnya mengubah badan usahanya menjadi PT agar dinilai lebih bonafide, profesional, dan ada pembatasan pertanggungjawaban hingga kemudahan memperoleh modal usaha.

Ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana memilih PT atau CV?

Artikel berikut bisa jadi rujukan.

Strategi Memilih Badan Usaha yang Tepat Dalam Bisnis

Alasan Memilih PT

Kenapa Memilih CV?

Alasan Mendirikan CV

 

Oleh : Bimo Prasetio

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai prosedur, dokumen yang dibutuhkan, dan biaya jasa pengurusan pendirian PT atau CV, silahkan menghubungi info@legal4ukm.com atau 081298755257 dan follow twitter kami @Legal4ukm untuk info hukum bisnis dan investasi.